BPJS Dan Asuransi Kesehatan Lain, Apakah Perlu Digabungkan?

bpjs dan asuransi kesehatan 1
header niko 728 x 90

Sebenarnya apakah perlu kita menggabungkan BPJS dan asuransi kesehatan lain? Apabila kita kurang berhati-hati, mungkin kita akan banyak mengeluarkan dana dan manfaat yang kita dapatkan malahan minim.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program yang menjamin semua hak warga negara dalam memperoleh jaminan kesehatan. JKN menanggung semua risiko kesehatan yang mungkin tidak dijamin oleh asuransi swasta. Namun ada juga hal-hal yang tidak ditanggung oleh JKN.

Jaminan kesehatan di luar negeri adalah salah satu hal yang tidak dijamin oleh Badan Penyelenggara jaminan Sosial (BPJS). Apabila hal tersebut telah difasilitasi oleh perusahaan.

Bila kita ingin melengkapi BPJS dengan asuransi kesehatan lain, maka perlu koordinasi antara BPJS kesehatan, peserta, dan pihak lain yang bersangkutan yaitu Coordination of Benefit.

Sebenarnya BPJS kesehatan sudah memadai bagi jaminan kesehatan yang dibutuhkan seseorang. BPJS kesehatan memiliki cakupan pelayanan yang paling luas dibandingkan asuransi kesehatan lainnya yang mungkin diikuti oleh perseorangan.

Salah satu keunggulan BPJS adalah pengecualian terhadap pre-existing condition, atau tidak ada syarat pemeriksaan kesehatan sebelum mengikuti BPJS. Kelebihan lainnya yaitu biaya yang relatif murah disertai cakupan yang luas dari jaminan kesehatan yang diberikan. Layanan asuransi BPJS juga mencakup melahirkan, penyakit kanker dan penyakit jantung.

bpjs dan asuransi kesehatan 2

Untuk kasus karyawan yang sering ke luar negeri mungkin memang diperlukan asuransi lain untuk melengkapi, dimana BPJS tidak menanggungnya. Dan beberapa orang juga memilih memiliki dua asuransi lebih untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat. Namun akan lebih baik dan perlu diperhatikan penggabungan asuransi dilakukan bila asuransi lain menambah manfaat yang diperoleh dari BPJS.

Asuransi kesehatan sendiri ada banyak ragam, kita perlu memperhatikan beberapa hal untuk memilih asuransi kesehatan yang baik.

Pertama yang perlu kita perhatikan adalah cakupan pelayanan. Apakah asuransi yang akan kita pilih memiliki cakupan pelayanan yang luas dan tidak memiliki persyaratan kondisi dalam melakukan pendaftaran.

Kedua kita perlu perhatikan biaya asuransi, tentu kita mau yang biaya murah dengan cakupan yang luas, namun biaya ini dapat kita sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kita.

Ketiga adalah kemudahan pelayanan, kemudahan pelayanan ini sangat diperlukan bila dalam keadaan darurat. Asuransi kesehatan sebaiknya memiliki prosedur yang simpel dan tidak ribet, dan juga kemudahan akses ke penyedia layanan asuransi kesehatan tersebut.

Demikian penjelasan singkat tentang BPJS, Asuransi kesehatan, dan Apakah kita perlu menggabungkan BPJS dan asuransi kesehatan. Semoga bermanfaat.

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 220 Times

Be the first to comment on "BPJS Dan Asuransi Kesehatan Lain, Apakah Perlu Digabungkan?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI