Cara Menangani Bagian Tubuh Yang Terkilir : Jangan Diurut!

kesleo2
header niko 728 x 90

Saat ini kebiasaan yang berkembang di masyarakat setiap kali mengalami keseleo atau terkilir pasti tindakan pertama adalah mengurut atau pergi ke tukang urut untuk mengurut bagian tubuh yang cedera. Mengurut bagian tubuh yang sedang terkilir tidak dianjurkan. Mengurut hanya boleh dilakukan pada kondisi tubuh yang pegal saja, bukan pada waktu terkilir. Jadi anturan pertama cara menangani bagian tubuh yang terkilir adalah jangan diurut.

kesleo3

Mengurut bagian tubuh yang terkilir justru dapat membahayakan dan memperparah bagian yang cedera. Apabila terkilir dan kemudian diurut maka pembuluh darah melebar sehingga membuat bengkak yang jauh lebih parah dari sebelumnya.

Oleh karena itu pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika mengalami keseleo atau terkilir adalah dengan dengan metode PRICE (Protection, Rest, Icing, Compression, Elevation).

kesleo1

Protection adalah tindakan melindungi bagian tubuh yang cedera dengan perban elastic agar terlindungi dari benturan benda luar sehingga tidak merasa makin nyeri.

Rest adalah mengistirahatkan kurang lebih tiga sampai tujuh hari, artinya tidak memfungsikan bagian yang terkilir itu dari aktivitas yang dapat memperparah cedera, seperti Olah Raga atau aktivitas lainnya.

Icing adalah melakukan kompres dingin menggunakan es batu di bagian cedera selama lima menit setiap empat jam sekali selama tiga hari berturut-turut. Pendinginan dapat mengurangi nyeri dan bengkak.

Compression, langkah ini hampir sama dengan icing, hanya saja pada langkah ini dilakukan penekanan pada bagian yang cedera dengan membungkus es di dalam perban elastis. Pada saat membungkus jangan terlalu ketat.

Elevation adalah mengangkat bagian tubuh yang terkena cedera lebih tinggi dari jantung. Misalnya bagian kaki yang terkilir, maka pada saat tidur kaki harus terangkat atau digantung supaya posisinya lebih tinggi dari jantung. Hal ini dilakukan supaya aliran darah balik atau pembuluh vena menjadi lebih lancer sehingga membantu proses penyembuhan.

Demikian cara menangani bagian tubuh yang terkilir,,, Semoga bermanfaat… (lks)

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 253 Times

Be the first to comment on "Cara Menangani Bagian Tubuh Yang Terkilir : Jangan Diurut!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI