Cara Mengatasi Gangguan Kesemutan Saat Duduk Bersila

cara mengatasi gangguan kesemutan saat duduk bersila 1
header niko 728 x 90

Seringkali kita mengalami saat kita sedang duduk bersila, setelah beberapa saat kita mengalami kesemutan pada kaki kita, hal tersebut adalah hal yang sangat wajar, karena duduk bersila bisa mengakibatkan proses yang tidak normal pada saraf kaki. Bagaimana cara mengatasi gangguan kesemutan saat duduk bersila dan apa sebenarnya penyebabnya?

Kesemutan adalah suatu tanda adanya proses sensoris yang abnormal pada ujung saraf dimana kesemutan itu terjadi. Hal ini terjadi karena kerusakan sel saraf yang disebabkan tekanan ataupun jepitan dan kurangnya asupan makanan dan energi yang seharusnya dialirkan oleh darah ke bagian ujung saraf.

Tekanan yang terjadi akibat duduk bersila bisa langsung mengganggu sinyal yang dikirim ke ujung saraf. Ibarat saraf sebagai jalan bebas hambatan, proses penyampaian sinyal akan terganggu dan sinyal yang dikirim akan salah dan pada akhirnya menyebabkan proses sensorik yang tidak normal, apabila ada tekanan ataupun jepitan pada salah satu bagian tubuh kita.

Kesemutan yang terjadi juga bisa disebabkan oleh kerusakan akibat kurangnya asupan oksigen dan energi yang dikirim oleh darah. Saat terjadi aliran darah yang tersumbat atau lambat mengalir, maka asupan energi ke sel saraf berkurang, maka menghasilkan sinyal yang tidak normal.

Kesemutan dapat diatasi dengan cara mengembalikan aliran darah yang terhambat dengan mengubah posisi (duduk) sehingga menghilangkan tekanan yang terjadi pada daerah tertentu pada tubuh.

Usaha menghilangkan kesemutan dengan cara dipijat pada daerah yang mengalami kesemutan juga bisa dilakukan, karena dengan memijat bisa mengakibatkan otot berkontraksi dan secara periodik otot yang juga memiliki fungsi memompa pembuluh darah, tentu akan mengakibatkan aliran darah ke saraf semakin cepat. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kesemutan yaitu dengan cara merendam bagian yang kesemutan dalam air hangat. Dengan suhu air yang hangat akan bisa mengembangkan pembuluh darah pada bagian yang mengalami kesemutan sehingga aliran darahnya menjadi lancar kembali.

Demikian beberapa cara mengatasi gangguan kesemutan saat duduk bersila, dan penyebabnya, semoga bisa  bermanfaat…

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 3,916 Times

1 Comment on "Cara Mengatasi Gangguan Kesemutan Saat Duduk Bersila"

  1. Terimakasih atas informasinya min.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI