Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Menguntungkan

cara menggunakan kartu kredit agar menguntungkan
header niko 728 x 90

Sampai saat ini banyak orang yang masih enggan memakai atau berurusan dengan kartu kredit, alasan yang mereka kemukakan tentu adalah takut terlilit hutang. Namun demikian apabila kita memanfaatkan kartu kredit tersebut dengan bijaksana, maka kartu kredit bisa memberikan banyak manfaat dibanding apabila kita membayar dengan uang tunai. Bagaimana sebenarnya cara menggunakan kartu kredit agar menguntungkan?

Alasan yang banyak dikemukakan orang yang takut menggunakan kartu kredit biasanya mereka takut menjadi konsumtif karena adanya kartu kredit, belanja menjadi tidak terkontrol dan tanpa perhitungan, yang pada akhirnya pusing dengan tagihan yang muncul. Padahal hanya bisa membayar tagihan minimal dan sisa pinjaman yang ada akan terus terkena bunga yang tidak kecil.

Akan lebih kacau lagi kalau kita ternyata tidak bisa melunasi semua tagihan yang ada, maka kita akan terus diteror telpon yang berdering dari bank yang bersangkutan, bahkan lebih lagi kita akan didatangi debt collector yang tentu bermuka seram baik ke rumah ataupun ke kantor kita.

Sebenarnya kapan kita boleh memegang atau memakai kartu kredit? Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa kartu kredit adalah sebuah tanggung jawab, jadi saat kita sudah bisa memikul tanggung jawab, saat itulah kita boleh memanfaatkan kartu kredit. Jadi kita harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi saat kita memanfaatkan kartu kredit tersebut.

Kartu kredit sendiri memiliki manfaat yang cukup besar pada kehidupan sehari-hari. Kita tidak perlu membawa uang yang cukup besar dalam dompet kita saat kita perlu bertransaksi dalam jumlah besar. Kartu kredit juga bisa menjadi penyelamat disaat darurat, pernah teman bercerita saat ayahnya harus menjalani operasi jantung, dan ia tidak memiliki uang saat itu, maka kartu kredit menjadi sangat bermanfaat. Atau jika kita harus melakukan perjalanan secara mendadak, dan tidak ada uang cukup yang kita pegang, maka kartu kredit bisa kita manfaatkan dalam membeli tiket angkutan yang akan kita gunakan.

Apabila kita dengan disiplin melunasi seluruh tagihan kartu kredit yang ada, maka kartu kredit tidak melulu sebagai sarana untuk berhutang. Manfaat kartu kredit menjadi sebagai alat penunda pembayaran.

Manfaat lain yang bisa kita ambil dari kartu kredit adalah adanya program-program untuk konsumen, seperti jaminan asuransi, pembayaran secara cicilan, undian berhadiah, dan lainnya yang tidak mungkin dinikmati oleh mereka yang membayar secara tunai dengan harga yang sama.

Kartu kredit juga bisa membuat kita tidak menjadi boros, karena kita membayar sampai hitungan satuan terkecil. Apabila kita membayar dengan tunai tentu akan ada pembulatan dan ada uang kembalian yang pada akhirnya uang kembalian (recehan) tidak kita pedulikan lagi.

Jadi yang diperlukan dalam memanfaatkan kartu kredit adalah tanggung jawab. Gunakan kartu kredit sebaik mungkin untuk hal yang sangat berguna. Pengendalian penggunaan dan penjadwalan pembayaran merupakan hal yang utama. Kartu kredit tidak disarankan untuk modal usaha dimana pemasukan dari usaha tersebut belum pasti, bila digunakan untuk pengembangan usaha masih bisa dianggap oke.

Demikian cara penggunakan kartu kredit agar menguntungkan kita, semoga bermanfaat.

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 304 Times

Be the first to comment on "Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Menguntungkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI