Cara Menghijaukan Rumah Kita

cara menghijaukan rumah kita 1
header niko 728 x 90

Sangat baik dan mulia jika kita bisa menghijaukan kembali hutan kita yang sudah gundul atau daerah-daerah yang tandus dan kering. Namun demikian mari kita mulai dengan menghijaukan tempat tinggal kita sendiri terlebih dahulu. Bila kita semua bisa melakukan hal ini, maka tentu akan berdampak besar pada lingkungan hidup secara keseluruhan. Di bawah ini adalah cara menghijaukan rumah kita sehingga memberi dampak baik pada kehidupan penghuninya.

Kita bisa memulainya dengan menanam pepohonan di halaman rumah kita, sehingga bisa memproduksi oksigen yang bermanfaat bagi kita dan lingkungan sekitar kita. Pohon bisa kita pilih pohon yang produktif, yang pada saatnya nanti bisa kita manfaatkan hasilnya, baik sayuran maupun buah. Bisa juga kita menanam pohon yang berbunga sehingga nantinya bisa memperindah halaman rumah kita.

cara menghijaukan rumah kita 12

Kita juga bisa menanam tanaman hias dengan cara memadukan tanaman yang bisa tumbuh besar dengan tanaman hias seperti anggrek, paku-pakuan, dan lainnya.

Jika memang kita tidak memiliki halaman yang cukup untuk bisa menanam pohon, cara yang bisa kita lakukan yaitu bertanam dalam pot atau drum. Kita bisa memilih tanaman hias sebagai pilihan agar kita bisa bercocok tanam di lahan yang sempit. Pot tanaman hias tersebut bisa kita letakkan di teras rumah, samping rumah, di bawah jendela atau menempel pada dinding rumah. Selain akan memberi keindahan pada lingkungan, tentu akan memberi kontribusi oksigen bagi lingkungan sekitarnya.

Cara lain apabila kita tidak memiliki halaman sama sekali, kita masih bisa merawat tanaman dengan cara meletakkan beberapa pot tanaman hias dari luar ke dalam rumah. Namun perlu dipilih tanaman yang tidak membutuhkan cahaya terlalu banyak. Peletakan tanaman bisa diatur misalkan di jendela kamar, di sudut ruangan, di atas meja makan atau meja belajar dan lainnya, yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai potnya mengotori lantai.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan tetangga sebelah rumah kita atau tetangga kamar jika kita tinggal di kamar kos dengan membuat taman atau tempat menanam tanaman di atap rumah. Bisa diatur giliran menyiram dan memupuk tanamannya. Untuk tanamannya perlu dipilih tanaman yang tahan panas, misalnya kaktus.

Satu cara lagi yang bisa kita lakukan untuk bisa bercocok tanam yaitu dengan cara membuat void dibagian tengah atau belakang rumah kita, sehingga ada ruang terbuka yang bisa kita manfaatkan untuk membuat taman bahkan mungkin air terjun mini dan kolam yang bisa memberi suasana berbeda dan menenangkan pikiran.

Demikian kiat beberapa cara menghijaukan rumah kita, mari kita melakukan penghijauan mulai dari rumah kita, sehingga walaupun kecil jika setiap kita melakukannya tentu akan berdampak besar pada ketersediaan oksigen di bumi kita.

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 563 Times

Be the first to comment on "Cara Menghijaukan Rumah Kita"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI