Mengenal Manfaat dan Jenis Susu

susu 1
header niko 728 x 90

Susu merupakan bagian penyempurnaan dari makanan 4 sehat, karena itu muncul sebutan 4 sehat 5 sempurna. Mari kita coba mengenal manfaat dan jenis susu agar berguna bagi hidup kita.

Banyak manfaat yang terkandung di dalam susu, mulai dari kesehatan tulang dan gigi, tekanan darah dan jantung, pencernaan, penurunan resiko kanker kolorektal hingga pembangunan otot dan penurunan berat badan.

Namun sayang dari manfaat-manfaat yang luar biasa itu, konsumsi susu masih minim di kalangan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Konsumsi susu orang Indonesia masih jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara Asia lainnya.

Menurut data Compass Research 2013, konsumsi susu di Indonesia per kapita per tahun hanya sebesar 13,47 liter, atau kurang dari satu gelas per orang. Rata-rata orang Indonesia hanya minum 32 gelas susu per tahun. Padahal di Malaysia konsumsi susu bisa mencapai 30 liter per kapita per tahun. Idealnya, seseorang membutuhkan 100 liter susu per tahun.

Ada banyak jenis susu yang didominasi dengan susu sapi yang banyak beredar di masyarakat. Jenis-jenis susu itu antara lain : susu segar, susu pasteurisasi, susu sterilisasi, dan susu bubuk. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis susu tersebut :

SUSU SEGAR. Cairan susu berasal dari susu sehat, yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar, tanpa mengurangi atau menambah sesuatu komponen bahan lain. Susu ini memiliki kualitas gizi yang baik dan cita rasa paling lezat karena asam lemak susu dan zat gizi belum rusak akibat proses pengawetan. Namun belum tentu aman dikonsumsi karena mungkin bisa jadi masih terkontaminasi bakteri dan mikroorganisme dari sapi saat proses pemerahan dan penyimpanan.

SUSU PASTEURISASI. Susu segar dipanaskan pada suhu 75 derajat Celcius selama 15 detik untuk menonaktifkan bakteri yang merugikan dan memperlambat proses fermentasi, sehingga lebih tahan lama tanpa perlu bahan pengawet. Meski demikian, susu harus tetap disimpan di dalam lemari es, dengan masa penyimpanan selama 3 hari.

SUSU STERILISASI. Susu segar disterilkan dengan memanaskannya pada suhu tertentu selama beberapa detik saja sehingga kandungan vitamin dan nutrisi tetap terjaga, begitu juga citarasa warna dan aroma. Namun mikroorganisme dan spora mati. Pastikan saja kemasan susu tidak menggembung, serta tidak ada perubahan warna maupun bau sebelum dikonsumsi.

SUSU BUBUK. Terbuat dari susu segara yang dikeringkan dengan pemanasan pada suhu 180 derajat Celcius selama dua jam. Akibatnya, bukan hanya semua bakteri mati tapi juga nutrisi alami susu jadi hilang. Namun susu bubuk mempunyai daya tahan yang lebih lama daripada susu cair sekitar dua tahun selama kemasan belum dibuka dan tidak perlu disimpan di lemari es karena kandungan uap airnya sangat rendah.

Demikian uraian singkat tentang mengenal manfaat dan jenis susu, semoga bermanfaat bagi kehidupan kita. (lks)

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 118 Times

Be the first to comment on "Mengenal Manfaat dan Jenis Susu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI