Mobil Matic Lahir Sejak 1904

mobil matic lahir sejak 1904
header niko 728 x 90

Mobil Matic atau mobil bertransmisi otomatis, sudah lama kita dengar keberadaannya. Namun mungkin belum banyak dari kita mengetahui bahwa mobil matic telah ada lebih dari 100 tahun yang lalu. Mobil matic lahir sejak 1904.

Banyak orang beranggapan pada awalnya, mobil matic identik digunakan oleh wanita. Maka timbul slogan yang berbunyi “real men use three pedals” untuk mengejek pria yang menggunakan mobil matic. Namun karena pada umumnya mobil matic lebih mahal dibandingkan mobil bertransmisi manual, maka muncul slogan tandingan dengan bunyi “rich man use two pedals” atau “classy men use two pedals”.

Slogan-slogan tersebut menunjukkan adanya perang pengakuan dan pro kontra tentang mobil matic. Namun demikian, sejak tahun 2008 setiap ada mobil keluaran baru, pasti menawarkan dua pilihan, matic maupun manual.

Belakangan muncul slogan berbunyi “modern men use two pedals”, sejalan bertambah banyaknya peminat mobil bertransmisi otomatis. Namun ternyata mobil dengan dua pedal telah ada lebih dari 100 tahun yang lalu, jadi bukan hanya orang modern yang menggunakan mobil matic.

Mobil matic yang berkembang pesat beberapa tahun terakhiri ini ternyata telah lahir pada tahun 1904. Mobil tersebut dibuat oleh Sturtevant bersaudara, mereka memberi nama mobilnya Horseless Carriage. Kedua pemuda tersebut berasal dari Boston, Massachusetts. Mobil Horseless Carriage dibuat dengan sistem transmisi otomatis dua percepatan yang dapat berpindah sendiri. Jika putaran mesin meningkat, gaya sentrifugal dari flywheel mendurung mekanisme transmisi untuk masuk ke gigi yang lebih tinggi. Jika putaran mesin melemah, mekanisme pegas akan mengeembalikan gigi pada posisi yang rendah.

Mobil Horseless Carriage memang banyak kekurangannya, antara lain seringkali pemindahan transmisi gagal, namun penemuan ini tentu sangat luar biasa dijamannya. Tapi pada saat itu, penemuan ini kurang mendapat perhatian.

Tahun 1908, ide luar biasa ini disadari oleh Hendry Ford, pendiri Ford Motor Company. Maka perusahaan ini mengembangkan sistem transmisi otomatis pada mobil ciptaannya yaitu Ford Model T. Mobil ini juga memiliki dua percepatan. Namun masih juga mengalami beberapa masalah, seperti mobil saat pada gigi maju ternyata tidak bisa berhenti, dan juga mobil akan melompat saat gigi dimasukkan pada posisi maju.

Pada tahun 1930 ternyata permasalahan diatas berhasil diatasi oleh Chrysler, perusahaan mobil sport dan mobil mewah di Amerika Serikat. Dengan membangun sistem kopling fluida membuat mobil bergerak halus saat mobil akan berhenti walaupun dalam posisi gigi maju.

Selanjutnya perkembangan transmisi otomatis dilakukan oleh General Motor, Cadillac dan Oldmobile pada tahun 1940. Sistem transmisinya dinamai Hydra-Matic. Yaitu kombinasi kopling fluida dan tiga gearsets yang bergerak secara hidrolik guna menghasilkan satu percepatan mundur dan empat percepatan maju. Dan sejak itu telah tercapai keadaan yang dianggap nyaman dengan bisa bergerak dengan halus dan berhenti dengan baik. Inilah awal mula mobil matic.

Selanjutnya dengan kecanggihan sistem komputerisasi, muncul teknologi Engine Control Units (ECU) dimana transmisi otomatis telah mengalahkan manusia akurasi perpindaan giginya. Kemudian muncul lagi CVT yaitu Continous Variable Transmission. Pada mesin CVT  terdapat belt dari baja untuk menghubungkan dua buah puli atau katrol guna meneruskan tenaga dari mesin ke roda. Mobil dengan mesin CVT ini bisa memiliki 7 percepatan bahkan lebih. Diyakini pula mobil dengan CVT lebih irit bahan bakar. Namun ternyata konsep CVT telah ditemukan pada tahun 1490, lebih dari 500 tahun yang lalu…

Demikian ternyata mobil matic lahir sejak 1904 dan perkembangan mesin matic bahkan telah ada konsepnya sejak tahun 1490.

 

Yuk baca juga :

Aman Mengemudi Dengan Mengatur Emosi

Pintar Memakai Ponsel Cerdas

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 234 Times

Be the first to comment on "Mobil Matic Lahir Sejak 1904"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI