Sadar Untuk Hidup Sehat

sehat1
header niko 728 x 90

Apakah Anda sehat saat ini? Pertanyaan yang mungkin sulit kita jawab dengan jawaban yang yakin benar. Masyarakat Indonesia masih jauh dari harapan tentang masalah sadar untuk hidup sehat. Demikian pula dalam menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Pertanyaan apakah saat ini kita dalam keadaan sehat? Pasti akan mendapat jawaban yang beragam. Pada umumnya apabila kita tidak merasakan keluhan atau mendapati gejala penyakit tertentu dalam diri kita, maka kita akan merasa sehat-sehat saja. Hal ini juga didukung bahwa kita bisa menjalankan aktivitas hidup sehari-hari dengan normal.

Namun ternyata pada kenyataannya belum tentu demikian. Kita yang merasa baik dan sehat, apabila dilakukan pemeriksaan secara mendalam, mungkin saja ditemukan penyakit tertentu dalam tubuh kita. Seseorang sehat seratus persen tidak bisa dilihat dengan bisa beraktivitas normal tanpa keluhan.

Sebagai contoh penyempitan pada pembuluh darah arteri koroner, orang yang mengalami hal ini dapat beraktivitas normal seperti biasa, namun sewaktu-waktu ia bisa mengalami serangan jantung yang berakibat fatal. Jadi untuk menentukan apakah kita benar-benar sehat memang harus membutuhkan bantuan para ahli.

Bisa saja kita beranggapan bahwa kita sehat, namun apakah kita juga menjalankan pola hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari, dan apakah kita memang bugar? Pada kenyataannya banyak orang Indonesia tidak pada kondisi bugar. Sebagai contoh bila kita duduk di ruangan ber-AC dan terkena angin sepoi-sepoi dan kita menjadi mengantuk bahkan tertidur, ini mengindikasikan bahwa kita dalam kondisi tidak bugar. Kondisi badan tidak bugar berarti tidak menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan sehat dan bergizi, beritirahat yang cukup serta olahraga secara teratur.

Sadar untuk hidup sehat saja tidak cukup, tentu yang lebih penting menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali seseorang sebenarnya sudah tahu tentang kemungkinan risiko kena suatu penyakit dan tahu cara pencegahannya, namun tetap saja ia terkena dan bahkan berulang kali terkena, karena ia tidak melakukan pola hidup sehat. Contoh sederhana, seseorang terkena diare karena makan makanan yang kurang bersih. Namun ia bisa mengalami berulang kali dengan sebab yang sama. Juga bagi para perokok, mereka sudah tahu akibat dan bahaya merokok, namun mereka tetap merokok serta memikirkan akibatnya dengan menghisap rokok.

Informasi tentang kesehatan mudah sekali kita jumpai namun seringkali perlu dikaji ulang kebenarannya. Misalkan penawaran obat-obatan dan peralatan terapi yang diinformasikan bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Seringkali masyarakat dirugikan dengan membeli dan mengkonsumsi barang yang tidak bermanfaat. Informasi yang keliru juga bisa berakibat pada perilaku hidup yang salah. Seperti para usia lanjut yang banyak mengalami osteoartritis, permasalahannya mereka memperlakukan lutut yang sudah lanjut usia seperti atlet olahraga saat berolahraga, misalnya melompat, berlari dan lainnya. Akibatnya adalah keluhan pada lututnya. Contoh informasi yang salah lainnya adalah jangan makan durian atau kacang karena mengandung kolesterol, padahal fakta membuktikan dalam durian dan kacang tidak terdapat kolesterol karena keduanya dari nabati. Durian justru mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat menyehatkan jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

Informasi yang salah juga tentang efek refleksiologi dengan menginjak batu-batu yang disusun ditaman. Pada kenyataannya menginjak bebatuan yang menonjol hingga telapak kaki terasa sakit berbahaya bagi ujung syaraf di telapak kaki. Menginjak batu-batu tersebut membuat syaraf telapak kaki mendapat tekanan sebesar berat badan, dan hal ini berbeda dengan refleksologi yang dilakukan menggunakan jari oleh para terapis.

Demikian informasi tentang sadar untuk hidup sehat, semoga bisa bermanfaat bagi hidup kita.

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 105 Times

1 Comment on "Sadar Untuk Hidup Sehat"

  1. wahhh sangat informatif banget, makasih udah mau berbagi ilmunya secara cuma-cuma…

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI