Tangkuban Perahu Wisata Alam Pegunungan di Jawa Barat

header niko 728 x 90

Salah satu tujuan wisata yang terkenal di Jawa Barat adalah Tangkuban Perahu atau Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Bandung ke arah utara. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 meter diatas permukaan laut. Daerah Gunung tangkuban Perahu ini dikelola oleh Perum Perhutani. Berikut sekilas informasi tentang Tangkuban Perahu Wisata Alam Pegunungan di Jawa Barat.

Gunung ini memiliki bentuk Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Suhu udara di daerah ini berkisar antara 17 derajad celsius di siang hari dan 2 derajad celsius di malam hari.

Gunung Tangkuban Perahu ini mengeluarkan batuan melalui letusan berjenis lava dan sulfur, sedangkan mineral yang dikeluarkan berupa sulfur belerang. Pada saat gunung ini tidak aktif, mineral yang dikeluarkan berupa uap belerang.

Gunung Tangkuban Parahu tergolong dalam gunung berapi yang masih aktif. Gunung ini ada dalam pengawasan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawah yang ada masih menunjukkan keaktifan gunung ini. Tanda-tanda yang ada adalah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, misalnya di ciater, subang.

Gunung Tangkuban Perahu pada tahun 2006 pernah mengalami letusan kecil yang mengakibatkan 3 orang luka ringan.

Tempat ini juga memiliki cerita legenda yaitu Sangkuriang.

Tangkuban Perahu Wisata Alam Pegunungan di Jawa Barat

 

Yuk kita lihat indahnya kawah Tangkuban Perahu…

Demikian sekilas informasi tentang Tangkuban Perahu Wisata Alam Pegunungan di Jawa Barat. Selamat berwisata di Tangkuban Perahu…

 

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 120 Times

Be the first to comment on "Tangkuban Perahu Wisata Alam Pegunungan di Jawa Barat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI