Tempat Wisata Paling Terkenal di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah

header niko 728 x 90

Kabupaten Boyolali di Jawa Tengah, sebuah kabupaten yang terletak di sebelah utara Kota Solo terkenal di Jawa Tengah sebagai kabupaten penghasil susu sapi. Di kabupaten ini banyak dijumpai masyarakat yang berternak sapi penghasil susu yang hasilnya selain dimanfaatkan oleh perusahaan susu juga sering kali dijajakan langsung ke konsumen.

Dari segi wisata, kabupaten Boyolali memiliki beberapa tujuan wisata yang cukup terkenal. Namun karena penanganan yang kurang maksimal, wisatawan yang datang lebih di dominasi wisatawan lokal saja. Sedangkan wisatawan asing lebih banyak mengarah ke Kota Solo ataupun Kota Jogjakarta sebagai tujuan wisata mereka.

Beberapa tujuan wisata di kabupaten Boyolali yang cukup terkenal diantaranya:

 

  1. Wisata Permandian Tlatar

Tempat wisata di Tlatar, tepatnya di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, terdiri atas tempat permandian, tempat pemancingan dan dan rumah makan yang menyediakan menu ikan air tawar. Pemandian sendiri terdapat 2 buah pemandian dengan sumber air yang sangat jernih, yaitu Pemandian Umbul Pengilon dan Pemandian Umbul Asem. Setiap menjelang bulan Ramadhan, ada tradisi “Padusan” dimana masyarakat melakukan mandi bersama ditempat ini dengan tujuan mensucikan badan dan jiwa untuk memasuki bulan ramadhan.

Screenshot_4

 

  1. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Merupakan 2 buah gunung yang berdampingan, dimana ditengahnya terdapat kecamatan Selo yang masuk kabupaten Boyolali. Wisata pendakian ke gunung Merapi lebih banyak dilakukan melalui kecamatan Selo ini, sedangkan yang ke gunung Merbabu lebih banyak dilakukan lewat Kopeng.

Jika kita melakukan perjalanan lewat jalur Selo ini, jalur yang menghubungkan kota Boyolali dan kota Magelang, kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dari gunung Merapi dan gunung Merbabu.

 

  1. Pemandian Umbul Pengging

Permandian Umbul Pengging adalah tujuan wisata pemandian yang terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Ditempat ini ada beberapa pemandian dengan arsitektur yang masih kuno. Konon dikatakan tempat ini merupakan peristirahatan Raja Kasunanan Surakarta.

 

  1. Waduk Badhe

Waduk Badhe dibangun untuk keperluan irigasi, perikanan dan tempat wisata. Waduk ini terletak di di Desa Badhe, Kecamatan Klego Boyolali. Waduk ini menjadi tujuan wisata terutama bagi masyarakat Boyolali dan sekitarnya.

 

  1. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik terletak di Dukuh Cengklik, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Waduk ini lebih diutamakan sebagai tujuan wisata memancing. Namun demikian bagi yang ingin melihat pemandangan ditempat ini juga bisa. Tersedia juga warung makan yang menyediakan makanan menu ikan air tawar.

 

  1. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo terletak di perbatasan Kabupaten Boyolali, Grobogan dan Sragen. Daerah yang masih masuk kabupaten Boyolali adalah Desa Wonoharjo kecamatan Kemusu. Daerah ini terdapat hutan yang bisa dijadikan tempat wisata, selain wisata memancing

 

  1. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Kecamatan cepogo sebagai salah satu daerah pemasuk produk sapi perah di kabupaten Boyolali. Disini terdapat agrowisata Sapi Perah, dimana kita bisa menyaksikan budidaya sapi perah dari memberi pakan, manajemen kandang, sampai pemerahan susu. Kita juga bisa mendapatkan pengalaman memerah susu sapi secara langsung.

Screenshot_11

 

Demikian beberapa tempat tujuan wisata di kabupaten Boyolali.

Sumber: tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Semoga bermanfaat… 🙂

 

Baca juga:

13 Orang Sudah Resign Dari Kantor Karena Yang Satu Ini

Hidup Sehat Bugar dan Langsing dengan Detox

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 630 Times

Be the first to comment on "Tempat Wisata Paling Terkenal di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI