Tips Membersihkan dan Merawat Kamar Mandi Agar Bersih dan Terhindar Dari Serangga

tips menjaga kamar mandi agar tetap bersih dan terhindar dari serangga 2
header niko 728 x 90

 

Memiliki kamar mandi yang bersih dan sehat tentu menjadi idaman setiap keluarga. Usahakan kamar mandi kita memiliki cukup sinar matahari yang masuk, ventilasi udara yang baik dan tidak banyak sudut yang terkena basah air. Berikut tips membersihkan dan merawat kamar mandi agar bersih dan terhindar dari serangga.

Perhatikan apakah kamar mandi kita berdekatan dengan got atau saluran pembuangan air yang terbuka lain seperti parit atau septictank. Jika memang ada buat penutup dinding pembatas yang aman agar kuman penyakit tidak masuk ke kamar mandi, jika mungkin pindahkan got dan sumber kuman penyakit tersebut agak jauh dari kamar mandi.

Jika kamar mandi berdekatan dengan dapur juga perlu diperhatikan agar aroma bau dan sisa makanan di tempat sampah tidak menyebar ke kamar mandi dan sebaliknya dengan menutup pintu kamar mandi. Segera buang sampah yang ada di keranjang sampah kamar mandi agar bau sampah tidak menyebar dan juga mengundang serangga untuk datang.

Untuk menjaga kebersihan kamar mandi, bersihkan kamar mandi selalu selesai beraktivitas. Bersihkan sisa busa yang menggumpal di lantai atau lubang pembuangan air. Manfaatkan cairan pembersih untuk membersihkan dinding dan lantai kamar mandi agar tidak berjamur atau muncul noda yang membandel

 

tips menjaga kamar mandi agar tetap bersih dan terhindar dari serangga 1

 

Menghindari Nyamuk Malaria

Setiap bak atau tempat penampungan air agar ditutup. Lakukan pembersihan/kuras bak air minimal 3 kali dalam seminggu. Perhatikan jika ada vas bunga di kamar mandi, ganti air vas bunga minimal 3 hari sekali, dan jangan biarkan endapan kotor yang mungkin membusuk dalam vas. Buang air sisa mencuci, jangan biarkan ada genangan air di ember. Pasang jaring atau kawat nyamuk di lubang ventilasi udara kamar mandi, agar nyamuk tidak masuk.

Memisahkan aktivitas mandi dan mencuci juga membantu menjaga kamar mandi cepat kering dan tampak bersih, sehingga menghindarkan nyamuk bersarang pada genangan air kamar mandi.  Menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk di sekitar kamar mandi juga membantu kamar mandi terhindar dari nyamuk yang ingin bersarang. Tanaman tersebut misalkan lavender, selasih, serai, sirih, geranium, suren, zodia.

 

Menghindari Kecoa

Menjaga agar kamar mandi terhindar dari adanya kecoa, bersihkan lubang pembuangan air secara berkala dan tutup lubang pembuangan air pada malam hari. Jaga agar kamar mandi tidak dalam kondisi gelap, karena kecoa menyenangi tempat yang lembab dan gelap. Jika ada celah sambungan antara lantai dan dinding, segeralah ditutup.  Peralatan mandi setelah dipakai, segera dicuci dan simpan ditempat yang tertutup. Jangan menyimpan barang-barang yang tidak berguna disusut-sudut kamar mandi.

Kita bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengusir kecoa.  Daun lada, daun salam, biji bunga lavender, melati kering dan garam dapat dimanfaatkan untuk mengusir kecoa. Caranya sederhana, taburkan bahan-bahan tersebut disekitar tempat kecoa berlalu lalang.

Bisa juga dilakukan penyemprotan dengan desinfektan ke dalam lubang pembuangan air tempat koloni kcoa, namun hal ini akan membuat kecoa berhamburan keluar.

 

Menghindari Semut

Agar terhindar dari semut di kamar mandi, jangan membuang kapas bekas atau pembalut wanita di kamar mandi. Segera buang sampah yang ada di kamar mandi. Periksa jika ada serbuk semut di celah dinding kamar mandi. Jika memang ada, buat campuran setengah hingga satu sendok teh sabun cuci cair dengan air secukupnya dan semprotkan ditempat yang sering dilalui semut.

 

Menghindari Laba-laba

Untuk menghindari adanya laba-laba di kamar mandi, jangan biarkan tumbukan debu di dinding atau plafon kamar mandi. Bersihkan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu jangan biarkan kamar mandi tidak terpakai dalam jangka waktu yang lama. Tempat lembab juga sebagai sarang laba-laba berkembang biak.

Bersihkan sarang laba-laba dengan sapu yang panjang. Namun perlu berhati-hati dalam membersihkan sarang laba-laba, jangan sampai laba-laba mengenai tangan atau tubuh Anda, bisa saja laba-laba yang ada jenis yang berbisa. Siapkan juga desinfektan untuk menyemprot laba-laba yang ada.

 

Demikian beberapa  tips membersihkan dan merawat kamar mandi agar bersih dan terhindar dari serangga. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga:

Peluang Bisnis Online Sebagai Solusi Mencapai Harapan Hidup yang Lebih Baik 

Tips Merawat Kompor Gas dan Kompor Minyak Agar Lebih Awet

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 489 Times

Be the first to comment on "Tips Membersihkan dan Merawat Kamar Mandi Agar Bersih dan Terhindar Dari Serangga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI