Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur Agar Bisa Memberi Manfaat Maksimal

tips memilih pisau dapur 3
header niko 728 x 90

 

Pisau dapur merupakan alat dapur yang hampir pasti ada disetiap rumah tangga. Memilih pisau dapur boleh dibilang gampang-gampang susah. Banyak sekali ragam dan jenis pisau dapur yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan kita dan kenyamanan tangan kita saat menggunakannya. Berikut beberapa tips memilih dan merawat pisau dapur agar bisa memberi manfaat maksimal.

Jika anda ingin membeli atau memilih pisau, pilihlah pisau hang menggunakan bahan stainless steel atau bahan karbon. Bahan stainless steel membuat pisau tidak mudah berkarat dan mudah untuk dibersihkan. Sedangkan bahandari karbon membuat pisau dapur tetap tajam. Pastikan juga pisau yang anda beli dibubuhi tanda aman untuk semua jenis makanan.

Untuk dapat memilih pisau yang pas untuk kita beli dan kita gunakan, kita perlu juga mengetahui jenis-jenis pisau dan kegunaannya. Chef Knife adalah jenis pisau dengan ukuran 8 – 10 cm dan paling banyak digunakan. Pisau jenis ini biasa untuk memotong daging dan mencincang bumbu. Paring Knife adalah jenis pisau yang relatif pendek (3-4 cm), pisau ini sangat baik untuk mengupas dan memotong buah dan sayur. Serrated Bread Knife adalah pisau bergerigi dengan panjang 8 -10 cm yang digunakan sebagai pisau roti, biasanya menggunakan bahan stailess steel sehinbga mudah dibersihkan dan tidak mudah berkarat.

tips memilih pisau dapur 2

Untuk memastikan apakah pisau dapur kita masih tajam atau tidak, kita bisa melakukannya dengan cara menggunakan pisau tersebut untuk mengiris bawang merah atau tomat tipis-tipis. Jika pisau masih mudah digunakan berarti pisau masih tajam.

Untuk merawat pisau agar tetap tajam, pisau dapur biasanya perlu kita asah. Cara tradisional bisa kita pakai yaitu mengasah pisau dapur dengan batu khusus. Jika kita tidak biasa dengan cara ini, lebih baik kita menggunakan cara yang lebih modern atau kita bawa pisau dapur ke tukang asah pisau.

Jika anda tetap ingin mengasah pisau sendiri, perhatikan agar anda mengasah pisau dengan teliti, jangan dianggap pekerjaan sepele. Pisau agar diasah secara mendatar agar sudut ketajamannya landai, maksudnya diasah searah dinding pisau.

Cara menykmpan pisau yang baik jima pisau tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama yaitu cuci pisau dandilap sampai kering, kemudian olesi pisau dengan minyak goreng tipis saja. Serap kelebihan minyak dengan tisue sambil digesek ringan saja. Bungkus rapat bilah pisau dengan kertas koran dan simpan ditempat yang aman. Untuk penyimpanan sehari-hari, cukup cuci pisau dengan air sabun setelah dipakai dan keringkan dengan lap.

Jika pisau dapur terkena noda yang menempel, gosoklah dengan minyak sayur. Untuk menghilangkan bau tidak sedap atau amis pada pisau, gunakan pasta gigi, oleskan pasta gigi pada pisau bersihkan lalu cuci pisau. Gunakan jeruk limau untuk membersihkan gagang pisau darj kayu. Untuk menghilangkan getah sayuran, gunakan minyak goreng, oleskan pada pisau yang bergetah, diamkan beberapa saat agar minyak meresap pada getah, lalu cuci dengan menggunakan sabun dan bilas.

Demikian beberapa tips memilih dan merawat pisau dapur agar bisa memberi manfaat maksimal untuk kegiatan rumah tangga di dapur. Semoga bermanfaat.

Yuk Baca juga

Peluang Bisnis Online Sebagai Solusi Mencapai Harapan Hidup yang Lebih Baik

Tips Sederhana Memilih dan Merawat Mesin Cuci Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 191 Times

Be the first to comment on "Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur Agar Bisa Memberi Manfaat Maksimal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI