Tips Memilih dan Merawat serta Menggunakan AC yang Baik

tips memilih ac 3R
header niko 728 x 90

 

AC (Air Conditioner) atau alat penyejuk ruangan boleh dikatakan sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat pada umumnya. Terutama mereka yang tinggal di daerah dengan suhu udara cukup panas. Perlunya wawasan yang lebih baik tentang AC dan pemilihan AC yang tepat dibutuhkan agar tagihan listrik tidak membengkak pada akhir bulan bkarena penggunaan AC. Berikut beberapa tips memilih dan merawat serta menggunakan AC yang baik.

 

Jika Anda membeli AC, carilah AC yang dilengkapi dengan converter yang berfungsi pengatur beban listrik. Jika AC memiliki converter maka jika suhu ruangan telah mencapai suhu udara yang diinginkan, maka AC akan secara otomatis mengurangi beban pendinginan namun tetap beroperasi.

 

Belilah AC dengan kapasitas pendinginan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai AC yang dibeli memiliki kapasitas yang terlalu kecil atau terlalu besar (over capacity).

 

Dalam penggunaan AC, perlu juga kita perhatikan agar AC kita nyalakan pada ruang yang telah tertutup rapat. Hal ini untuk mencegah agar panas udara dari luar sedapat mungkin tidak masuk ke dalam ruangan yang akan menambah beban kerja AC.

 

Dalam ruangan yang ber AC jangan ada yang merokok. Asap rokok yang timbul akan mengganggu kerja dan mengakibatkan AC cepat rusak.

tips memilih ac 2

Mengatur temperatur ruangan yang terlalu rendah (18 derajad C) tidak baik untuk kesehatan dan juga memaksa AC bekerja terlalu keras.

 

Bila ruangan tidak terpakai dalam jangka waktu yang lama, matikan AC untuk menghemat penggunaan listrik. Selain itu untuk menghemat AC juga jangan terlalu sering menghidupkan dan mematikan AC.

 

Kebersihan ruangan yang menggunakan AC harus selalu dijaga terutama dari debu. Juga bersihkan filter udara masuk AC secara berkala minimal sekali dalam seminggu.

Guna menghemat listrik, bisa diusahakan dengan melapisi kaca dengan kaca film atau menggunakan tirai agar panas udara luar tidak masuk ke dalam ruangan.

 

Mengganti refrigeran secara teratur juga dianjurkan, refrigeran tipe hydrocarbon bisa mengurangi penggunaan energi listrik untuk AC. Penempatan unit indoor AC juga secdapat mungkin jauh dari preralatan yang menghasilkan panas seperti kompor, lemari es maupun lampu.

 

Demikian beberapa tips memilih dan merawat serta penggunaan AC yang baik sehingga menghemat listrik. Semoga bisa memberi manfaat…

 

Yuk Baca juga

Peluang Bisnis Online Sebagai Solusi Mencapai Harapan Hidup yang Lebih Baik

Tips Memilih dan Merawat Dispenser Yang Baik

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 83 Times

Be the first to comment on "Tips Memilih dan Merawat serta Menggunakan AC yang Baik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI