Tips Merawat dan Mengatasi Kebocoran Tabung Gas Rumah Tangga

cara merawat tabung gas 3
header niko 728 x 90

Akibat yang timbul karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang tabung gas, maka risiko yang dihadapi adalah kejadian tabung gas yang meledak. Ledakan bisa saja terjadi bila campuran gas diudara mencapai 4% lebih pada suhu tertentu. Jika kadar gas masih dibawah 4%, api kompor akan menyala seperti biasa. Dibawah ini adalah tips merawat dan mengatasi kebocoran tabung gas rumah tangga, sehingga diharap memberi informasi tambahan kepada masyarakat dalam hal tabung gas.

 

Saat kita membeli tabung gas, hendaknya kita pilih tabung gas yang baik kondisinya dan perhatikan pula tanda tanggal kadaluarsanya. Gunakan regulator yang memiliki meteran agar kita mudah mengetahui sisa gas yang ada di tabung. Kita juga perlu memeriksa selang tabung gas untuk mengetahui bila ada kebocoran, lakukan minimal sebulan sekali.

cara merawat tabung gas 1

Dalam memasang regulator, kita perlu memperhatikan ada tidaknya suara mendesis atau bau gas yang menandakan ada gas keluar dari tabung. Jika memang ada, segera lepaskan regulator dan cek karet cincin yang ada pada tutup gas. Kita perlu memiliki stok karet cincin ini, minta pada penjual gas atau kalau perlu kita beli sendiri agar mendapat kualitas yang baik, karena sering kali tabung gas ada yang tidak disertai cincin karet atau kalau ada ukurannya sering tidak pas yang mengakibatkan gas bocor. Jika demikian kita perlu ganti cincin karet dengan yang baik.

 

Perhatikan letak tabung gas, pastikan pada posisi yang tegak agar regulator dapat mengunci dengan baik dan tidak mudah lepas.

Untuk mengatasi kebocoran pada tabung gas, kita perlu memeriksa komponen baik kompor maupun tabung gas. Apakah selang bocor, sambungan selang, atau regulator tidak bekerja dengan baik, atau apakah kompor sudah tertutup dengan baik.

 

Langkah yang perlu diambil jika tercium bau  gas yang cukup menyengat adalah segera buka pintu maupun jendela agar segera ada pergantian udara. Lalu segera cabut regulator yang terpasang dan matikan kran kompor. Jangan menyalakan api seperti lilin, korek api, saklar listrik, ataupun rokok.

 

Untuk mencari sumber kebocoran, jika kebocoran sudah terjadi, kita bisa mengoleskan air sabun di bagian yang kita duga mengalami kebocoran. Air sabun akan menggelembung jika ditempat tersebut ada kebocoran.

cara merawat tabung gas 2

Jika memang api sudah terlanjur menyala, jangan menyemprotkan air atau pemadam kebakaran lain. Cara yang baik adalah mematikan aliran gas dengan menutup kran kompor dan basahi tabung dengan air dingin atau karung basah agar tabung tidak meledak.

 

Demikian tips merawat dan mengatasi kebocoran tabung gas rumah tangga yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat…

 

Baca juga:

Peluang Bisnis Online Sebagai Solusi Mencapai Harapan Hidup yang Lebih Baik 

Cara Mengatasi Gangguan Kesemutan Saat Duduk Bersila

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 484 Times

Be the first to comment on "Tips Merawat dan Mengatasi Kebocoran Tabung Gas Rumah Tangga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Call Now Button