Tips Merawat Kompor Gas dan Kompor Minyak Agar Lebih Awet

tips merawat kompor gas dan kompor minyak 2
header niko 728 x 90

Kompor adalah perabot rumah tangga yang sering kali kurang mendapat perhatian baik dalam hal kebersihan maupun dalam perawatan lainnya. Mungkin karena kompor memang terlihat cepat kotor karena tumpahan bahan masakan yang di masak, atau sebab lainnya. Padahal kebersihan dan perawatan kompor tentu sangat vital agar kompor lebih terlihat bersih dan tidak cepat rusak. Berikut tips merawat kompor gas dan kompor minyak agar lebih awet dalam penggunaannya.

 

Untuk menghilangkan noda di kompor karena minyak sayur dan bumbu serta bahan lain akibat proses memasak yang berceceran di kompor, cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkannya yaitu dengan mengambil lap lalu kita basahi dengan minyak tanah, kemudian lap kompor. Diamkan kompor untuk beberapa saat. Kemudian lap kembali kompor dengan lap bersih dan kering. Kompor yang sebelumnya tampak kotor akibat banyak noda akan kelihatan bersih dan mengkilap.

 

tips merawat kompor gas dan kompor minyak 1

 

Untuk membersihkan karat yang terjadi pada kompor khususnya tempat nyala api (burner) kompor gas yang terbuat dari tembaga atau kuningan yang memang mudah menghitam atau karatan, burner dapat direndam dalam asam sitrat. Hal itu dapat dilakukan dengan cara melarutkan satu sendok makan asam sitrat ke dalam satu gelas air panas kira-kira 100 derajad celcius. Kemudian rendam burner di dalam larutan selama 2 sampai 4 jam. Kemudian sikat burner hingga warna aslinya muncul kembali. Setelah itu bilas burner dengan air bersih.

 

Jika kita memiliki kompor ataupun lampu dengan minyak tanah, sering kali kompor maupun lampu minyak tersebut mengeluarkan asap tebal dengan bau yang tidak sedap. Hal itu bisa dihindari dengan cara mencampurkan minyak tanah dengan garam.

tips merawat kompor gas dan kompor minyak 3

 

Hal lain yang membuat kotor kompor adalah kerak yang ditimbulkan akibat tumpahan minyak goreng yang tidak cepat kita bersihkan. Jika sudah timbul kerak sering kali sulit untuk dibersihkan. Untuk membersihkannya kita bisa membuka penutup tungku yang berkerak dan membersihkannya dengan sabun yang dicampur air hangat atau juga bisa deterjen. Setelah dibersihkan dengan tahan tersebut, bilas dengan air bersih.

 

Demikian beberapa tips merawat kompor gas dan kompor minyak agar lebih awet yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat…

 

Baca juga:

Peluang Bisnis Online Sebagai Solusi Mencapai Harapan Hidup yang Lebih Baik 

Tips Merawat dan Mengatasi Kebocoran Tabung Gas Rumah Tangga 

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 3,143 Times

Be the first to comment on "Tips Merawat Kompor Gas dan Kompor Minyak Agar Lebih Awet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI