Virus Zika Ditetapkan Sebagai Keadaan Darurat Kesehatan Global Oleh Badan Kesehatan Dunia WHO

zika sebagai darurat kesehatan dunia 2
header niko 728 x 90

Virus Zika adalah sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus dan penyebarannya dilakukan oleh nyamuk Aedes Aegepty. Virus ini bisa menyebabkan penyakit  pada manusia yang disebut demam Zika atau penyakit Zika. Ciri-ciri penyakit Zika adalah demam mendadak, lemas, kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki, dan nyeri otot serta sendi. Pasien juga akan mengalami merah pada matanya karena radang konjungtiva atau jonjungtivitis, sakit kepala juga akan dialami pasien yang terkena penyakit ini.

Dalam perkembangannya, dinyatakan oleh WHO bahwa jumlah bayi cacat lahir melonjak di Amerika Selatan “diduga kuat” penyebabnya adalah virus Zika. Maka Virus Zika Ditetapkan Sebagai Keadaan Darurat Kesehatan Global Oleh Badan Kesehatan Dunia WHO.

Kasus microchepaly atau sebuah kondisi buruk ketika bayi lahir dengan otak dan kepala kecil telah mengalami lonjakan dan badan kesehatan dunia memperkirakan virus Zika yang ditularkan oleh nyamuk Aedes adalah penyebabnya, dan keadaan ini sudah termasuk situasi darurat kesehatan Internasional.

Dalam pertemuan ahli kesehatan yang membentuk komite kedaduratan, disepakati adanya hubungan sebab akibat antara microcephaly dengan infeksi Zika selama kehamilan, walaupun secara ilmiah hal itu belum bisa dibuktikan. Sejak Oktober tahun lalu ada sekitar 4000 kasus microcephaly di Brazil.

Minggu lalu badan kesehatan dunia WHO telah memperingatkan bahwa virus Zika telah menyebar pesat di Amerika dan telah ada 4 juta kasus penyakit Zika tahun ini.

zika sebagai darurat kesehatan dunia 1

Virus Zika pertama kali ditemukan pada tahun 1947 di Uganda, dan selama ini virus Zika kurang mendapat perhatian serius karena hanya menyebabkan penyakit ringan pada manusia. Tetapi walaupun gejala virus Zika sampai saat ini masih tampak jinak, indikasi yang meningkat antara microcephaly dan gangguan saraf langka jadi memicu kewaspadaan dunia.

Badan kesehatan dunia WHO yang sebelumnya menuai kritik karena penanganan yang dianggap terlambat terhadap kasus Ebola sebagai keadaan darurat kesehatan, pada hari Senin 1 Februari 2016 di Jenewa, Swiss, menyatakan sebagai “peristiwa yang tidak biasa” yang membutuhkan penanganan yang terkoordinir terhadap kasus Zika.

Demikian Virus Zika Ditetapkan Sebagai Keadaan Darurat Kesehatan Global Oleh Badan Kesehatan Dunia WHO, semoga dengan penanganan yang serius, dunia terhindar dari wabah penyakit baru yang ditimbulkan oleh virus Zika.

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 111 Times

Be the first to comment on "Virus Zika Ditetapkan Sebagai Keadaan Darurat Kesehatan Global Oleh Badan Kesehatan Dunia WHO"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI