Ziarah ke Gua Maria Mawar Boyolali jawa Tengah 2017

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 8
header niko 728 x 90

Dalam rangkaian ziarah kami ke 9 gua Maria pada bulan November 2017 lalu, diluar kebiasaan beberapa kali ziarah sebelumnya, kami mengunjungi sebuah gua Maria yang belum pernahh kami kunjungi sebelumnya. Kami melakukan Ziarah ke Gua Maria Mawar Boyolali jawa Tengah 2017. Mungkin juga tempat ini belum begitu dikenal bagi peziarah yang sering melakukan ziarah ke Yogyakarta maupun Jawa Tengah.

 

Memasuki hari ketiga perjalanan ziarah kami pada bulan november 2017 silam, kami mengadakan perjalanan menuju kota Boyolali, tujuan kami adalah gua maria Mawar Boyolali, sekaligus bersilaturahmi dan bertemu saudara-saudara kami di Boyolali. Pada ziarah bulan November 2017 ini, kami berkesempatan mengunjungi gua Maria Gantang Sawangan Magelang, Gua Maria Jatiningsih Sleman Yogyakarta, Gua Maria Sendangsono Kulon Progo Yogyakarta,  Gua Maria Grabag magelang, Gua Maria Kerep Ambarawa, Gua Maria Rosa Mystica Tuntang Semarang, Gua Maria Mawar Boyolali Jawa Tengah, Gua Maria Tritis Gunung Kidul Yogyakarta, Gua Maria Sendang Rosario Ngadirejo.

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 3

lapangan Parkir gua Maria Mawar

Perjalanan kami pada hari ketiga ini, bertepatan dengan hari Minggu, dari hotel kami menuju gereja Katolik Keluarga Kudus Banteng untuk mengikuti misa minggu pagi. Setelah itu kami menjemput saudara untuk menuju kota Boyolali. Tujuan kami ziarah hari ketiga ini adalah gua Mawar Boyolali. Sebuah nama yang tidak asing kami dengar, karena kami sendiri berasal dari kota Boyolali, dan hampir setiap tahun berkunjung ke kota Boyolali dan juga mengikuti misa di gereja Katolik Boyolali yang berlokasi di jalan Merbabu no.24 Boyolali.

 

Namun demikian, walaupun tidak asing nama gua Mawar Boyolali, kami belum pernah berkunjung kesana, bahkan lokasinya pun kami tidak tahu. Dan untuk tempat yang satu ini, pendamping ziarah kami om Rinto Oey juga belum pernah datang ke Gua Maria Mawar sebelumnya. Untuk itu, sesampainya di kota Boyolali, kami menuju ke rumah saudara kami yang kebetulan tinggal di kota Boyolali, dan kami minta kesediaannya untuk mengantar kami menuju gua Maria Mawar Boyolali.

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 4

jalan Menurun mejuju gua Maria Mawar

Dari informasi yang sempat kami peroleh, proses pembuatan gua Maria Mawar ini ternyata memiliki liku-liku dan sejarah yang sangat panjang. Tercatat gua Maria ini mulai dibangun pada tahun 1956, namun ternyata kendala dialami pada tahun 1961 karena umat setempat mengalami kemunduran, dan akhirnya pembangunan gua Maria ini terbengkalai. Pada akhirnya Gua Maria berhasil diresmikan dan diberkati pada tanggal 25 juni 1982 oleh Romo A Endrokarjono MSF. Dan pada saat itu Gua Maria diberi nama Gua Maria Mawar. Mawar sebagai perlambang keharuman Bunda Maria, disamping di daerah sekitar gua ini memang masyarakat menanam bunga mawar sebagai sumber kehidupan mereka.

 

Dengan diantar kakak kami, kami melanjutkan perjalanan menuju gua Maria Mawar yang beralamat lengkap di Munggur, Desa musuk, Kembangsari, Musuk, Kembangsari, Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57331. Rumah kami sendiri tidak jauh dari lokasi gereja Paroki Boyolali yang berada di jalan Merbabu no.24 Boyolali, dengan nomor telpon gereja katolik Boyolali yaitu (0276) 321107.

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 10

Suasana Sekitar gua Maria Mawar Boyolali

Ternyata saat kami berkunjung di gua Maria Mawar ini (November 2017), kami telah bisa sampai ke lokasi dengan menggunakan kendaraan roda empat. Jalan sudah dibangun cukup baik walaupun mengarah ke lokasi ini jalan memang cukup sempit. Perlu pengaturan lebih lanjut bila memang banyak peziarah datang, karena pada lokasi tertentu jalan tidak cukup untuk dua mobil berpapasan. Lokasi parkir yang ada cukup luas. Sebuah warung yang menyediakan makanan dan minuman ada di lokasi parkir ini. Kami melihat sekeliling lokasi gua Maria mawar yang baru pertama kali kami kunjungi ini sambil mengambil beberapa gambar. Setelah sampai di depan gua Maria, kami menyalakan lilin dan berdoa. Selesai doa dan renungan kami, kami kembali berkeliling menikmati suasana gua maria Mawar ini.

 

Memang seperti penjelasan kakak kami, masih perlu banyak pembenahan di gua Maria Mawar ini, walaupun tampak fisik yang ada sekarang sudah terlihat lebih baik dari beberapa tahun sebelumnya, karena pembangunan fisik gua Maria dan sarana prasarana yang ada memang baru terlihat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan banyak umat dan para peziarah menganggap gua Maria Mawar Boyolali sebagai gua Maria yang baru, dan mereka agak bingung saat melihat prasasti pemberkatan gua Maria yang tercantum 25 juni 1982.

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 7

Gua Maria Mawar

Berikut kami sampaikan informasi rute jalan menuju lokasi gua Maria Mawar yang kami ambil dari  ziarah-santa-maria.blogspot.co.id/2011/12/gua-mawar-maria.html.

Rute 1

Dari arah Semarang :Lampu merah sebelah terminal Boyolali ambil kiri melewati ring road utara pertigaan batas kota Boyolali (kalau kekiri arah Solo, ambil yang arah kanan), maju 100 m bertemu dengan tugu sapi lantas ambil kiri melewati ring road selatan sampai sebelah selatan RSU Boyolali, ambil kiri jurusan Drajidan/Musuk (Polsek Musuk Maju, 50 m ada patung tani sebelah lapangan bola), ambil kiri. Pertigaan depan Koramil Musuk ambil kiri sampai pertigaan Sombo, ambil kanan kurang lebih 2 km. Dari pertigaan Sombo ke Barat (1 km) ada tanda Pos Info Goa Maria Mawar (kanan jalan, kediaman Bpk. Petrus Winardi). Sampai ke Dukuh Munggur kendaraan kecil/pribadi bisa parkir di rumah penduduk. Dari tempat parkir ke lokasi Gua Mawar Maria kurang lebih 300 m berjalan kaki. (jalan menurun)

 

Rute 2

Dari arah Solo :Setelah ketemu Tugu Sapi belok kiri melewati ring road selatan sampai sebelah selatan RSU Boyolali, ambil kiri jurusan Drajidan/Musuk menuju arah Polsek Musuk Maju, 50 m ada patung tani (sebelah lapangan bola), ambil belok kiri. Pertigaan depan Koramil Musuk belok kiri sampai pertigaan Sombo, ambil kanan kurang lebih 2 km. Dari pertigaan Sombo ke Barat (1 km) ada tanda Pos Info Goa Maria Mawar (kanan jalan, kediaman Bpk. Petrus Winardi). Sampai ke Dukuh Munggur, kendaraan kecil/pribadi bisa parkir di rumah penduduk (sebelah kanan jalan). Dari tempat parkir ke lokasi Gua Mawar Maria kurang lebih 300 m berjalan kaki. (jalan menurun)

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 6

Gua Maria Mawar

Rute 3

Dari Gereja Boyolali Solo :Pintu keluar Gereja ambil kanan ketemu bunderan pertama (lampu merah) ambil kiri terus saja sampai ketemu bunderan kedua lurus 50 m, ketemu bunderan ke tiga, ambil kanan maju lagi sampai ke bunderan ke empat terus lurus ke jurusan Drajidan/Musuk menuju arah Polsek Musuk Maju (50 m) ada patung tani (sebelah lapangan bola), ambil kiri. Pertigaan depan Koramil Musuk belok kiri sampai pertigaan Sombo, ambil kanan kurang lebih 2 km. Dari pertigaan Sombo ke Barat (1 km) ada tanda Pos Info Goa Maria Mawar (kanan jalan, kediaman Bpk. Petrus Winardi). Sampai ke Dukuh Munggur, kendaraan kecil/pribadi bisa parkir di rumah penduduk (sebelah kanan jalan). Dari tempat parkir ke lokasi Gua Mawar Maria kurang lebih 300 m berjalan kaki. (jalan menurun)

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 2

Di gua Maria Mawar Boyolali

Saat ini peziarah kalau pakai bus besar pakirnya di pertigaan Sombo, untuk menuju Gua Maria Mawar biasanya ganti kendaraan kecil (sejenis angkot).  Tetapi kalau pakai bus ¾ atau mobil yang lebih kecil bisa sampai tempat tujuan. Jika memang masih bingung dengan posisi gua Maria mawar, tentu bisa bertanya lewat nomor telpon gereja katolik Boyolali yang ada yaitu (0276) 321107.

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 9

Area untuk Ibadat

Setelah selesai melihat-lihat lokasi sekitar Gua maria, kami kembali ke area parkir dan melanjutkan perjalanan kami. Kami kembali ke kota Boyolali dan mengadakan acara keluarga di lokasi wisata pemacingan Tlatar Boyolali. Menjelang malam, kami kembali ke kota Yogyakarta dan mengakhiri perjalanan ziarah kami di hari ketiga ini.

taman doa gua maria mawar musuk boyolali 11

Jalan ke dan dari Lapangan parkir

Youtube Movie…

Demikian perjalanan kami Ziarah ke Gua Maria Mawar Boyolali jawa Tengah 2017. harapan kami, semoga tulisan an gambar yang ada ini bisa memberi sedikit informasi bagi umat Katolik dan para peziarah, untuk bisa memanfaatkan gua Maria Mawar Boyolali sebagai alternatif tujuan ziarah yang mereka lakukan. O iya, tentunya juga menjadi referensi baru bagi pemandu ziarah kami om Rinto Oey untuk bisa mengantar para peziarah ke gua Maria Mawar Boyolali… ;). Selamat berziarah ke gua Maria Mawar boyolali.

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 1,377 Times

Be the first to comment on "Ziarah ke Gua Maria Mawar Boyolali jawa Tengah 2017"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI