Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang

Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang 2017-6
header niko 728 x 90

Hampir 3 tahun terakhir ini, kami menyempatkan diri untuk melakukan ziarah 9 gua Maria sebagai bagian dari bentuk doa dan devosi kepada Bunda Maria. Pada tahun ini (2017) kami melakukan perjalanan pada bulan November ke 9 gua Maria di daerah sekitar Yogyakarta hingga Semarang. Salah satu tujuan kami, kami melakukan perjalanan Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang.

Pada kesempatan tahun ini gua Maria yang kami datangi adalah Gua Maria Gantang Sawangan, Gua Maria Sendangsono, Gua Maria Jatiningsih, Gua Maria Grabag, Gua Maria Kerep, Gua Maria Rosa Mystica, Gua Maria Mawar, Gua Maria Tritis, Gua Maria Sendang Rosario.

Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang 2017-1

Altar Taman Doa Gua Maria Gantang

Hari pertama kami, setelah melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta, kami diantar menuju Taman Doa gua Maria Gantang Sawangan Magelang. Tempat ini juga dikenal dengan sebutan Taman Doa Gua Maria Ratuning Katentreman lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang. Kami mungkin menjadi salah satu yang sangat beruntung, karena tempat ziarah yang satu ini tergolong baru. Menurut informasi yang kami peroleh Taman Doa Gua Maria Gantang ini baru saja di berkati oleh Monsinyur Robertus Rubiyatmoko pada penutupan Bulan Maria pada 31 Oktober 2017. Pada acara tersebut Monsinyur juga memberkati Patung Bunda Maria yang terbuat dari beton dan batu alam, sumber air dan menandatangani Prasasti Taman Doa Bunda Maria Ratuning Katentreman lan Karaharjan yang di harapkan menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik. Terima kasih om Rinto Oey yang mengantar kami berziarah ke tempat ini.

Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang 2017

Patung Bunda Maria ‘Ratuning Katentreman Lan Karaharjan’

Taman Doa Gua Maria Gantang Sawangan ini sangat berdekatan dengan Gereja St. Fransiskus Xaverius Gantang, alamat lengkapnya adalah Gantang, Sawangan, Gantang, Magelang, Jawa Tengah 56481, Indonesia (Koordinat: -7.505949, 110.3537111 ) dan nomor telpon yang tersedia yang bisa dihubungi +62 812-9601-9636.

Pada saat kami sampai ke Taman doa Gua Maria Gantang ini suasana sangat sepi, kami disambut seorang bapak yang ternyata koster di gereja St. Fransiscus Xaverius Gantang ini. Hanya terdengar suara anak-anak yang baru belajar disebuah ruangan selayaknya sebuah pelajaran sekolah minggu.

Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang 2017-3

Taman Doa – Jalan salib

Ikon yang sangat menarik di Taman doa Gua Maria Gantang ini tentu saja Patung Bunda Maria yang dibuat begitu besar “Ratuning Katentreman Lan Karaharjan”. Gua Maria nya sendiri saat kami memasuki taman doa ini kurang terlihat, dan setelah kami berkeliling baru kami menemukan posisi gua Maria yang ternyata dibuat sangat rendah. Kami mendapat penjelasan dari bapak koster mengapa gua maria yang sebelumnya dibuat tinggi kemudian dipugar dan dibuat begitu rendah. Ternyata ada pengalaman spiritual dari umat setempat yang mendasari pemugaran tersebut.

Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang 2017-2

Gua Maria Gantang

Cukup tenang kami berdoa dan hening di taman doa ini, karena selain tempatnya berada di area pedesaan yang cukup sepi, saat itu memang kami hanya sendirian, tidak ada peziarah lain yang berkunjung saat itu. Setelah berdoa dan melihat-lihat berkeliling taman doa, kami diantar bapak koster untuk melihat dan berdoa di dalam gereja. Bapak koster juga sempat bercerita sejarah gereja St. Fransiscus Xaverius ini.

Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang 2017-5

Altar Gereja St. Fransiscus Xaverius Gantang

Sebelum kami pamit untuk melanjutkan perjalanan ziarah kami, bapak koster juga berpesan supaya kami membantu agar banyak peziarah bisa memanfaatkan Taman Doa Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang ini sebagai salah satu alternatif tujuan ziarah mereka. Dan menurut data yang kami miliki, sejak kami mengupload youtube movie taman doa ini, hanya dalam waktu 14 hari sudah lebih 1000 kali dilihat, angka yang tentu cukup baik untuk sebuah informasi tentang tempat ziarah umat katolik. Hal itu bisa mengindikasikan banyak peziarah mencari dan ingin datang ke Taman Doa Gua Maria  Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang ini.

Youtube Movie…

 

Selamat melakukan perjalanan Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang

 

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 6,439 Times

Be the first to comment on "Ziarah ke Gua Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan Gantang Sawangan Magelang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI