Ziarah ke Gua Maria Sendang Jatiningsih Sleman Yogyakarta 2017

ziarah ke gua maria jatiningsih sleman yogyakarta 2017-5
header niko 728 x 90

Dalam 3 tahun terakhir ini, kami menyempatkan diri untuk melakukan ziarah 9 gua Maria sebagai bagian dari bentuk doa dan devosi kepada Bunda Maria. Pada tahun ini (2017) kami melakukan perjalanan pada bulan November ke 9 gua Maria di daerah sekitar Yogyakarta hingga Semarang. Pada kesempatan ini kami akan menyampaikan informasi saat kami Ziarah ke Gua Maria Sendang Jatiningsih Sleman Yogyakarta 2017.

Pada kesempatan tahun ini gua Maria yang kami datangi adalah Gua Maria Gantang Sawangan (tempat ziarah yang tergolong baru berada di Sawangan Magelang), Gua Maria Sendangsono Kulon Progo Yogyakarta, Gua Maria Jatiningsih, Gua Maria Grabag Magelang, Gua Maria Kerep Ambarawa Semarang, Gua Maria Rosa Mystica Tuntang Semarang, Gua Maria Mawar Boyolali, Gua Maria Tritis Gunung Kidul Yogyakarta, Gua Maria Sendang Rosario Ngijorejo.

Perjalanan kami menuju gua Maria Sendang Jatiningsih, setelah sebelumnya kami berziarah ke Gua Maria gantang Sawangan. Taman doa Gua Maria Jatiningsih sendiri memiliki keunikan yang jarang ditemui di tempat lain, yaitu sebuah tempat ziarah taman doa gua Maria yang berada di tepi sungai Progo. Karena tempatnya yang tepat berada di tepi sungai besar ini, maka suasana yang ada penuh dengan suara alam baik suara pepohonan bambu, suara burung dan binatang kecil lain, maupun suara air sungai yang memang memiliki aliran air yang cukup deras. Hal yang tentu sangat baik dalam memberi ketenangna dan kedamaian saat melakukan meditasi, merenung, dan berdoa.

ziarah-ke-gua-maria-jatiningsih-sleman-yogyakarta-2017-2

Salib besar di samping Gua Maria Sendang Jatiningsih

Menurut informasi yang ada, pada awalnya gua maria ini diberinama Sendang Pusung (Sing Ngapusi Busung = siapa yang berbohong akan terkena tulahnya), dalam perkembangan selanjutnya nama tempat ini diubah menjadi  Sendang Jati(ning)sih, yang memiliki arti Sumber air dari Rahmat Tuhan yang sungguh-sungguh mendatangkan kedamaian. Gua Maria jatiningsih dibangun pada tahun 1986, dan pada tahun 2000 diberkati sebagai Gua Maria Ratu Perdamaian oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Dr. Ig. Suharyo Pr.

Sebagaimana Gua Maria yang dibangun sebagai tempat ziarah, taman doa Gua Maria Jatiningsih ini juga memiliki sumber air suci  disebut juga Tirta Wening Banyu Panguripan, yang dialirkan lewat kran-kran air.

ziarah-ke-gua-maria-jatiningsih-sleman-yogyakarta-2017-6

Patung Pieta (Bunda Maria memangku jenazah Yesus)

Saat kami sampai di Taman Doa Gua Maria Jatiningsih ini, kami menjumpai tempat parkir yang cukup luas, mungkin pada saat acara besar memang tempat ziarah ini banyak dikunjungi para peziarah maupun umat setempat. Berjalan menuju gua Maria, kami menjumpai area jalan salib dengan ikon utama peristiwa penyaliban Yesus, disamping itu juga ada patung Pieta (Bunda Maria saat memangku Yesus yang telah wafat disalib), juga bisa dijumpai salib besar disamping gua Maria. Selain gua Maria dan pendopo tempat berdoa dan bermeditasi, juga kita bisa jumpai altar dan pendopo lain yang dimanfaatkan dika ada perayaan besar atau misa kudus.

ziarah-ke-gua-maria-jatiningsih-sleman-yogyakarta-2017-5

Patung Peristiwa Yesus Wafat di Salib

Setelah kami berdoa dan melihat-lihat suasana sekitar taman Doa Gua Maria jatiningsih ini, kami juga sempat makan siang yang telah kami siapkan sebelumnya, dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Gua Maria Lourdes Sendangsono.

Youtube Movie

Demikian perjalanan kami ziarah ke Gua Maria Sendang Jatiningsih Sleman Yogyakarta 2017. Semoga informasi ini membawa manfaat. Selamat berziarah ke Gua Maria Jatiningsih sleman yogyakarta.

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 340 Times

Be the first to comment on "Ziarah ke Gua Maria Sendang Jatiningsih Sleman Yogyakarta 2017"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI