Ziarah ke Gua Maria sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017

Ziarah ke Gua Maria sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017-2
header niko 728 x 90

Dalam perjalanan ziarah kami pada tahun ini (2017) di bulan November, kami melakukan perjalanan ke 9 gua Maria yang berada di Jawa Tengah dan Yogyakarta, gua Maria yang kami kunjungi sebagai tujuan ziarah kami adalah Gua Maria Gantang Sawangan Magelang, Gua Maria Sendangsono Kulon Progo Yogyakarta, Gua Maria Jatiningsih Sleman Yogyakarta, Gua Maria Grabag magelang, Gua Maria Kerep Ambarawa, Gua Maria Rosa Mystica Tuntang Semarang, Gua Maria Mawar Boyolali Jawa Tengah, Gua Maria Tritis Gunung Kidul Yogyakarta, Gua Maria Sendang Rosario Ngadirejo. Pada kesempatan ini kami ingin berbagi perjalanan kami Ziarah ke Gua Maria Sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017.

Kami menuju ke Gua Maria Sendangsono, pada hari pertama perjalanan ziarah kami di kawasan Yogyakarta, setelah sebelumnya kami diantar oleh pemandu ziarah kami ke Gua Maria Gantang Sawangan dan gua Maria Sendang Jatiningsih. Perjalanan kami menuju Gua Maria Sendangsono sudah menjelang sore hari, hal ini juga dimaksudkan kami ingin mengikuti misa Jumat Pertama yang kami perkirakan berlangsung pukul 16.30 setelah kami mencari informasi lewat internet, ya saat  itu hari Jumat tanggal 3 November 2017)

Ziarah ke Gua Maria sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017-3

Ditengah perjalanan kami menuju ke gua Maria Sendangsono kami juga melihat umat setempat yang berjalan kaki, dan menurut perkiraan kami setelah kami sampai tujuan, cukup jauh juga ibu-ibu dan bapak-bapak yang berjalan kaki menuju area Gua Maria Sendangsono ini untuk mengikuti misa Jumat Pertama. Saat kami sampai di sekitar gua Maria Sendangsono, misa Jumat Pertama sudah dipersiapkan pelaksanaannya disamping gua Maria Sendangsono. Dan kamipun langsung mempersiapkan diri untuk mengikuti misa Jumat Pertama… dan ternyata misa Jumat Pertama menggunakan bahasa Jawa yang tentu saja sebagian besar tidak kami mengerti artinya… 😉

Gua Maria Sendangsono ini  terletak di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.  Gua Maria ini juga disebut Gua Maria Lourdes Sendangsono. Sebagai tempat ziarah dan devosi kepada Bunda maria, tempat ini memang ramai dikunjungi para peziarah pada bulan Mei dan Oktober.

ziarah ke gua maria sendangsono yogyakarta 2017

Menurut sejarahnya, ditempat inilah cikal bakal umat katolik di Jawa Tengah. Pada tanggal 14 Desember 1904, Romo Van Lith membaptis 171 warga setempat dengan air dari kedua pohon sono, termasuk Barnabas sebagai katekumen pertama. Dan 25 tahun kemudian, tepatnya 8 Desember 1929, Sendangsono dinyatakan resmi menjadi tempat penziarahan oleh Romo JB Prennthaler SJ. Patung Bunda Maria Sendangsono sendiri dipersembahkan oleh Ratu Spanyol, dan pada waktu itu harus diangkat dengan susah payah oleh umat Kalibawang dari desa Sentolo hingga tempatnya saat ini, Gua Maria Sendangsono. Pada 1945 Pemuda Katolik Indonesia berkesempatan berziarah ke Lourdes, dari sana mereka membawa batu tempat penampakan Bunda Maria untuk ditanamkan di bawah kaki Patung Bunda Maria Sendangsono sebagai reliqui sehingga Sendangsono juga disebut Gua Maria Lourdes Sendangsono. Demikian sejarah singkat Gua Maria Lourdes Sendangsono yang dikelola oleh Paroki St. Maria Lourdes di Promasan, barat laut Yogyakarta.

Ziarah ke Gua Maria sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017

Setelah selesai mengikuti misa Jumat Pertama, kami berdoa di depan Gua Maria Sendangsono, setelah itu kami berkeliling menikmati Taman Doa Gua Maria Lourdes sendangsono ini.

Ziarah ke Gua Maria sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017-5

Memang ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di gua Maria Lourdes Sendangsono ini. Kita bisa melakukan kegiatan ziarah dan retret. Kawasan gua Maria Sendangsono ini merupakan taman doa yang ditata sedemikian rupa dengan berbagai fasilitas yang ada seperti jalan salib, gua Maria, area untuk ibadat, juga fasilitas bangunan untuk tempat menginap dan aula untuk kegiatan retret. Kita juga bisa melakukan kegiatan doa dan kontemplasi di depan gua Maria, maupun di pendopo-pendopo kecil yang tersedia. Kegiatan lain yang bisa kita lakukan adalah rekreasi ataupun menikmati indahnya arsitektur dan taman di area taman doa gua Maria Lourdes Sendangsono ini. Sentuhan arsitektur yang begitu indah dari mendiang Romo YB Mangunwijaya, bahkan sempat tempat ini mendapat penghargaan Aga Khan Awards dari Ikatan Arsitektur Indonesia tahun 1991 di bidang bentuk bangunan khusus kategori penataan lingkungan.

Ziarah ke Gua Maria sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017-4

Setelah kami selesai melakukan aktivitas di taman doa gua Maria Sendangsono ini, kami  beristirahat sejenak disebuah warung untuk menikmati segelas kopi sebelum kami melakukan perjalanan untuk kembali ke kota Yogyakarta.

Youtube Movie…

Demikian perjalanan kami, Ziarah ke Gua Maria sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017, sebagai bagian dari hari pertama perjalanan ziarah kami ke 9 gua Maria. Selamat berziarah ke Gua Maria Sendangsono Yogyakarta.

BANNER FREE MEMBER

This Post Has Been Viewed 241 Times

Be the first to comment on "Ziarah ke Gua Maria sendangsono Promasan Kulon Progo Yogyakarta 2017"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


 
Mau Mendapat Tutorial Marketing Online Gratis ? KLIK DISINI